Pemilihan Pengurus Alumni

Rekan-rekan alumni yang terkasih,

Puji Tuhan, akhirnya tahapan pembentukan ikatan alumni STTRII mencapai akhirnya. Sesuai tahapan yang telah disusun dan disosialisasikan kepada rekan-rekan alumni, tahapan pemberian suara untuk memilih pengurus inti ikatan alumni STTRII sudah berakhir pada 12 Maret 2012. Tiga nama sudah kita dapatkan untuk menjadi Ketua, Sekretaris Jenderal dan Bendahara Badan Pengurus Ikatan Alumni STTRII tersebut.

Namun, sebelum kami sampai pada pengumuman calon terpilih, berikut ini kami menjelaskan kembali tahapan-tahapan yang sudah dilaksanakan oleh Tim Adhoc.

1. Tim Adhoc melakukan rapat perdana paska pembentukannya pada Desember 2011, pada 13 Januari 2012. Dalam pertemuan itu, Tim membahas mengenai seluruh rangkaian kegiatan pembentukan ikatan alumni. Mulai dari menentukan kriteria alumni, mekanisme pengusulan dan pemilihan calon pengurus.

2. Hasil rapat tersebut kemudian diumumkan melalui milist sttrii@yahoogroups.com. Kami juga menggunakan sarana lain, yakni melalui surat yang dikirimkan bersamaan dengan Journal Teologi Reformed Indonesia (JTRI) oleh pihak kampus. Informasi serupa kami juga tayangkan melalui www.sttrii.blogspot.com

3. Tim Adhoc juga mendata para alumni, mulai dari wisuda pertama hingga wisuda terakhir (2011). Dari data yang kami peroleh dari bagian administrasi STTRII, kami mendapatkan nama 222 alumni (berdasarkan data Februari 2012).

4. Untuk menjaring nama-nama yang akan diusulkan menjadi calon pengurus, kami membuka tahapan pengusulan bakal calon yang berlangsung pada 7-13 Februari 2012. Usulan disampaikan melalui beberapa media yang telah ditetapkan, yakni email: alumnisttrii@gmail.com, SMS : 081298809795, Faksimili: 021-7987437, dan kotak suara di Kampus STTRII.

5. Dari tahap pengusulan tersebut, didapatkan 18 nama yang memenuhi syarat menjadi bakal calon. Kemudian, Tim Adhoc melakukan verifikasi ulang dengan menghubungi ke-18 nama tersebut untuk memastikan kesediaan mereka ikut dalam tahap pemilihan.

Dari 18 nama kemudian mengerucut menjadi 5 nama saja yang ditetapkan sebagai Calon. Kelima calon tersebut adalah Anthon Kattoba Mapandin (M. Div/2005), Emanuel Cahyanto Wibisono (M. Div/2010), Hellen Chou Sunarsih (M.K/2008), Rocky Nagoya (MA/2006), dan Togap Djaja Alam (S.Th/2003).

6. Tim Adhoc menyosialisasikan kelima nama tersebut selama 21-27 Februari 2012. Mengingat besarnya kemungkinan tidak saling kenal, terutama karena beda angkatan dan tahun kelulusan, maka pada masa sosialisasi tersebut, Tim Adhoc menyertakan data lengkap kelima calon tersebut, termasuk foto diri mereka.

7. Pada 28 Februari-12 Maret 2012, tahap pemberian suara untuk memilih/mendapatkan tiga peraih suara terbanyak untuk menempati posisi sebagai Ketua, Sekretaris Jenderal dan Bendahara. Untuk pemberian suara ini, disampaikan melalui media yang telah disepakati, yakni Email: alumnisttrii@gmail.com, SMS: 081298809795, Blackberry Messenger, Faksimili: 021-7987437, dan kotak suara di Kampus STTRII.

Selanjutnya, kami juga menyampaikan beberapa catatan penting untuk menjadi perhatian, yang bisa berguna sebagai informasi maupun pendorong untuk lebih berpartisipasi pada waktu mendatang.

1. Tim Adhoc telah berusaha maksimal untuk melaksanakan pembentukan ikatan alumni. Meski dengan berbagai kesibukan, tapi, akhirnya selesai juga. Karena itu, rangkaian pembentukan ikatan alumni ini tidak luput dari berbagai kekurangan. Untuk itu, kami mohon maaf bila banyak hal yang tidak memenuhi harapan.

2. Tingkat partisipasi dalam proses pembentukan ini, bila dilihat dari sisi angka total alumni, memang relatif kecil. Tapi, kami juga harus akui bahwa jumlah partisipasi sebanyak itu justru mengagetkan kami.

3. Sebab, dalam prosesnya, Tim Adhoc mendapatkan kesulitan untuk menghubungi semua rekan alumni. Kami memiliki sejumlah keterbatasan. Selain kesibukan dan keterbatasan waktu, kami mengalami kesulitan dengan banyaknya data alumni yang tidak lengkap dengan keterangan kontak seperti alamat lengkap, nomor kontak yang masih aktif dan email. Beberapa email yang ada, juga ternyata tidak bisa dihubungi. Email yang dikirimkan selalu gagal terkirim. Sehingga sangat memungkinkan adanya rekan-rekan yang tidak mengetahui sama sekali kegiatan pembentukan alumni ini.

4. Mengatasi keadaan itu, Tim Adhoc pun sudah meminta bantuan rekan-rekan yang mengetahui kegiatan ini untuk memberitahukan kepada sebanyak mungkin rekan alumni yang diketahui keberadaannya, namun mungkin saja tidak bisa dikontak berdasarkan data alumni. Tapi, sepertinya, memang banyak yang tidak bisa dihubungi.

5. Faktor lainnya adalah, lokasi kita yang saling berjauhan. Bahkan beberapa rekan berada di luar negeri. Juga faktor kesibukan luar biasa dalam pelayanan. Karena itu, mungkin di antara rekan-rekan ada yang mengetahui kegiatan ini, namun kesulitan atau lupa untuk memberikan suara.

6. Karena itu, kami sangat berterima kasih atas partisipasi yang tercermin dalam pemberian usulan calon maupun pemilihan calon tersebut. Kami pun percaya, bahwa rekan-rekan yang belum sempat memberikan suara karena berbagai keterbatasan tadi, sebenarnya memiliki hati/kepedulian untuk kegiatan ini. Namun, karena keterbatasan-keterbatasan tersebut di atas, sampai waktu yang ditetapkan, belum bisa memberikan suaranya. Kami juga sangat menghargai itu. Tapi setidaknya, dengan terpenuhinya prosedur dan persyaratan yang telah disepakati untuk kegiatan ini, maka itulah hasil terbaik yang bisa kita dapatkan saat ini.

7. Pengurus alumni yang pertama ini sangat membutuhkan kerjasama dan partisipasi rekan-rekan semua. Maklum, karena baru pertama, banyak hal yang harus dipersiapkan. Karena itu, kami mengharapkan dukungan dan kesediaan rekan-rekan untuk berbagian dalam kepengurusan maupun kegiatan yang akan dilakukan oleh pengurus inti nanti.

Pada kesempatan ini, kami juga berterima kasih kepada beberapa rekan alumni yang telah menyampaikan kesediaannya secara langsung melalui Tim Adhoc untuk “berpartisipasi dalam bentuk apa saja” untuk mendukung para pengurus terpilih.

Pengumuman Perolehan Suara

Selanjutnya, kami akan mengumumkan perolehan suara. Setelah berakhirnya tahapan pemberian suara selama 28 Februari-12 Maret 2012, pada Selasa, 13 Maret 2012, bertempat di Kampus STTRII, Tim Adhoc telah melakukan verifikasi semua suara dan melakukan perhitungan.

Dari verifikasi dan perhitungan suara tersebut, terkumpul 45 suara dari 45 pemilih. Seluruh suara itu, terdistribusi kepada lima calon tersebut. Yakni, Anton Kattoba Mapandin sebanyak 10 suara (22,2%), Emanuel Cahyanto Wibisono sebanyak 13 suara (28,9%), Hellen Chou Sunarsih sebanyak 3 suara (6,7%), Rocky Nagoya sebanyak 12 suara (26,7%) dan Togap Djaja Alam sebanyak 7 suara (15,5%).

Mengacu pada aturan yang telah ditetapkan sebelumnya, maka tiga peraih suara terbanyak menjadi Pengurus Terpilih dan otomatis menempati posisi sebagai berikut:

Ketua: Emanuel Cahyanto (M.Div., 2010)
Sekretaris Jenderal: Rocky Nagoya (M.A., 2006)
Bendahara: Anton Kattoba Mapandin (M.Div., 2005)

Selanjutnya, Pengurus Terpilih diberi kesempatan untuk menyusun kepengurusan BPH Ikatan Alumni paling lama sampai Mei 2012. Setelah itu, Pengurus Terpilih mengumumkan susunan pengurus BPH dan mensosialisasikannya kepada seluruh alumni paling lama hingga Juni 2012.

Pengesahan Pengurus Terpilih oleh Tim Adhoc Pembentukan Ikatan Alumni yang direncanakan dilaksanakan bersamaan dengan Pembukaan Tahun Ajaran baru di Kampus STTRII.

Tak lupa kami juga dari Tim Adhoc mengucapkan selamat kepada ketiga rekan yang terpilih menjadi pengurus inti ikatan alumni yang sudah lama kita nantikan.

Demikian laporan dan pengumuman dari kami Tim Adhoc Pembentukan Ikatan Alumni STTRII. Sekali lagi, terima kasih atas perhatian dan partisipasi luar biasa dari rekan-rekan semua.




Salam hormat,

Tim Adhoc
Rizal Calvary (Ketua)
Etis Nehe (Sekretaris)
Togap Djaja Alam (Anggota)
Robert Siahaan (Anggota)
Hubungi Kami
Online via Yahoo!Messenger:


Offline dengan mengisi pesan di bawah ini:
Name
Phone
Email
Subject
Message
Captcha
Kontak Info
STT Reformed Indonesia (STTRI, dulu STTRII)
Jl. Kemang Utara IX/10, Warung Buncit
Jakarta Selatan, 12760
(Peta lokasi bisa dilihat/diunduh di sini.)
Telp
:
(021) 7982819, 7990357
Fax
:
(021) 7987437
Email
:
reformed@idola.net.id
Website
:
www.reformedindonesia.ac.id
www.KonselingKristen.org

Bank
:
CIMB Niaga (Cabang Kemang)
No. Acc.
:
800073329000 (Rp.)
253.02.00081.001 (USD)
A/n
:
Yayasan Lembaga Reformed Indonesia
COPYRIGHT © 2013 STT Reformed Indonesia. ALL RIGHTS RESERVED. Developed by Aqua-Genesis Web Development and Design